"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Senin, 19 November 2012

Jalan-jalan ke Pulau Nusa Barong



Ho...Ram..Bat..Ji..Tut. itu adalah semacam aba-aba untuk memulai pekerjaan yang dilakukan bersama misal saat mendorong atau menarik jukung/perahu atau saat menyalakan mesin secara manual. Aba-aba ini kami dapat saat jalan-jalan ke Pulau Nusa Barong yang berada di Kabupaten Jember selama 3 hari 2 malam tanggal 15-17 Nopember 2012 kemaren (sek anget-angete rek...,hehehe), sang pemilik Jukung yang namanya Lek Karim (begitu saya memanggilnya karena memang masih saudara) selalu menggunakan aba-aba itu. Pulau Nusa Barong memang tidak asing bagi kami karena tidak jauh dari tempat tinggal kami. Kesempatan yang bagus baru ada saat ini, bukan sebuah penyesalan walaupun memang sebelumnya jalan-jalan yang kami rencanakan adalah ke Teluk Permisan Taman Nasional Meru Betiri yang berlokasi di Banyuwangi namun keberangkatan kami terlalu siang sehingga menurut Lek Dur (kakak lek Karim) terlalu beresiko, akhirnya kami ditawarin ke Pulau Nusa Barong. Beda 2 jam sebenarnya klo dari Puger ke Nusa Barong (1-2 jam) dibanding Puger ke Teluk Permisan (4-5 jam). Iming-iming akan banyak ikan yang bikin Bluzzukan Community jadi semangat, Bluzzcom sendiri yang berangkat adalah Saya, Rotam, Gogon, Ismu, Mas Irwan, Mas Anwar dan Sam. Tenda dan peralatan mancing tentunya sudah kami siapkan betul-betul. Jam 4 sore kami berangkat dari Puger dan sampai jam 6 sore di pantai Gedek Pulau Nusa Barong sisi Utara paling Barat yang memang terkenal spot mancingnya. Perahu sandar di tebing, dan kami semua segera naik melewati tebing batu. Lokasi camping ground yang kami pilih berada di tebing, hal ini untuk memudahkan kami mancing pas malam hari agar tidak jauh.


Koordinasi sebelum berangkat di rumah Lek Karim
 

Sungai Puger
 

Pelawangan Muara Puger
 


Sunrise Pulau Nusa Barong #view from Tebing Gedek


Tenda Bluzzcom @tebing Gedek (Spot Mancing)


Pagi hari kami mulai aktifitas dengan snorkeling dan diving (free diving) sambil berburu ikan. Tampak pantai yang indah dan pemandangan hijau sekitar pantai. Sayang pemandangan bawah laut yang jelek karena terumbu karang dan koral yang rusak kemungkinan akibat aktifitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, walaupun demikian masih banyak ikan yang menghuni dasar pantai ini.



Persiapan diving & berburu

warnanya pink loh :p
Karang warna keunguan :p
kehidupan dasar pantai Gedek - Pulau Nusa Barong
 
berburu ikan buat sarapan pagi :)
 
Ikan karang menjadi sasaran saya :p
si Rotam kakean polah, wkwkwk
Menikmati hasil
Bluzzukan Community @Pulau Nusa Barong
Di pulau ini yang agak berat adalah sumber air tawar. Kami kehabisan air setelah hampir satu hari disini, ternyata berbekal 13 literan air tidak cukup untuk 7 orang, dan pas malam saat kami kehujanan tidak berpikiran untuk menampung air hujan malah sibuk berteduh di tenda (kesalahan besar!!), namun hal ini menjadi pelajaran buat kami. Untuk sementara sebagian dari kami meminum air payau dari tetesan tebing, sampai akhirnya lek Dur dan lek Karim datang pada sore hari membawa air untuk kami, alhamdulillah sesuatu...hehehe. Kami memutuskan untuk berpindah ke pantai Kecambah dan selanjutnya mancing mania ini yang kami tunggu-tunggu. Dari jam 8 malam s/d 1 malam baru kami kembali, memang hasil tangkapan belum begitu memuaskan namun inilah pengalaman pertama kami mancing di tengah laut dengan menggunakan perahu. Beberapa jenis ikan seperti Kakap Merah, Kerapuh Merah (Solok), Ragan-ragan, Kue dll yang kami dapatkan di laut sekitaran puau ini. Satu lagi pengalaman yang bikin perjalanan ini tak terlupakan adalah saat kami kembali dari mancing menuju pantai Kecambah, ternyata air laut pasang sampai tenda kami, alhasil semua isinya basah dan beberapa barang terhanyut hilang :(, memang benar di tiap perjalanan pasti memiliki cerita yang berbeda dan itulah asyiknya jalan-jalan, hehehe. Dan kami kembali ke Puger jam 7 pagi, menmbutuhkan perjalanan 1,5 jam  untuk dapat menginjakkan kembali ke daratan yang penuh keramaian. Harapan kami Pemda Jember dapat mengelola dengan baik, ada 20 lebih pantai dari teluk-teluk kecil di Pulau Nusa Barong dan salah satu teluk yang paling besar adalah Teluk Jerukorang atau nelayan lebih familier dengan nama Jerukan. Bluzzcom selalu rindu akan keheningan di alas bebas yang jauh dari aktifitas manusia.
Sunset Pulau Nusa Barong (Sisi Utara paling Barat)
Menuju Pantai Kecambah
terlihat banyaknya pantai (teluk2 kecil) Pulau Nusa Barong
kebersamaan Bluzzcom
mancing mania, sebelahku mabuk laut, wkwk

 
Pantai Kecambah - Pulau Nusa Barong
view Talok



Pelawangan Puger










54 komentar:

  1. salam kenal mas... keren banget catpernya!

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga. Terimakasih sudah mampir di blogku

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mas
      salam kenal, saya mau nanya nih dari segi keamanan gimana ya??apalagi kalo mau bawa temen asing??

      suwun mas

      Hapus
  3. Mantap deh panoramanya ada cerita misterinya nggak nih konon katanya sih banyak mistis di sana ...salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkenalnya begitu. Pengalaman kami selama disini tidak ada hal mistis mungkin karena kami tidak peka. Yang penting datang dengan baik-baik, tidak merusak, dan tidak melakukan hal-hal yang aneh insyaAllah aman. Salam kenal juga, terimakasih sudah mampir

      Hapus
  4. Kalo camping dsana aman ya mas? mending lewat puger apa papuma? trus sewa kapalnya kira2 brapa? Makasih infonya^^

    BalasHapus
  5. Hi Mas..
    Ada kenal orang lokal yang ada di Nusa Barong mas?
    Saya ada mau cari siput dari sana nih mas, mana tau bisa bantu...

    BalasHapus
  6. Pulau Nuso Barong tidak berpenghuni sebenarnya, ini ada nelayan Puger namanya Dur 081249134401

    BalasHapus
  7. salam kenal lek..
    sampean jember ndi? ak pgn rono gk tau keturutan lek, soale nelayan e gk tau gelem ngeterno..
    be'e sampean gelem ngancani aku..

    085648246888 iku nmr ku lek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pisan. Aku arek Yosowilangun Lumajang. Akeh sing gelem kok. Lek perahu jukung iso nyewo neng Puger. Lek perahu gede khusus wisata yo teko Papuma. Sing bahaya neng pelawangan Puger, sering kerem lek pas cuaca elek

      Hapus
  8. mau donk gan ke nusa barong.
    tp bingung akses kesananya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ke area Tempat Pelelangan Ikan kecamatan Puger kabupaten Jember, disitu banyak perahu nelayan parkir. Biasanya para nelayan berangkat melaut saat pagi atau sore hari. Banyak perahu yang bisa disewa asal biaya sewanya sesuai

      Hapus
  9. mas bro mau tanya, keadaan di nusa barung waktu malam itu gmana ? trus pantai karangnya rusak penuh apa masih ada sebagian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan "waktu malam" gimana maksudnya? klo dah biasa camping di hutan ya normal2 aja gan, suara binatang malam, kesunyian dll. Klo di lautnya pasti rame, banyak nelayan dengan perahu-perahu besar hilir mudik pasang dan ambil jala. Setahu saya yang deket pantai kedalaman sampe 6 meteran banyak yang rusak. Klo yang agak daleman masih agak lumayan, mau diving atau snorkeling gan? klo agak ke tengah lebih bagus cuma resikonya kadang-kadang gelombangnya lumayan, dan hati-hati banyak perahu yang lalu-lalang

      Hapus
  10. gan, minta contact nya dong, mau shering nusa barong...

    BalasHapus
  11. waaaah... keren gan ... pingin banged kesini.. kira2 untuk ongkos penyebrangan ny berapa ya ?? terus kira2 aman dari binatang buas liar gak yaa..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ongkos kurang paham bro, soalnya klo kesana pake perahu saudara jadi itung2annya gak jelas. Pernah denger klo dari Papuma pake perahu besar 1,5 jt sehari (PP), klo Puger lebih deket jd lebih murah seharusnya. Binatang liar yang seliweran di pantai cuma monyet, klo yang lain masuk ke dalam hutannya.

      Hapus
  12. Nusa Barong ini katanya cagar alam juga, sepertinya bakal bernasib sama dengan Pulau Sempu di Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Sejak jaman Belanda pulau Nusa Barong dijadikan cagar alam. Sebelumnya pulau ini berpenghuni karena terjadi perlawanan, maka sama Belanda diusir dan dijadikanlah cagar alam. Melihat kondisi sekarang cagar alam tidak sepenuhnya diawasi ketat, sehingga peraturannya masih ngambang jika dibandingkan Taman Nasional. Dan sekarang banyak cagar alam di pulau Jawa yang beralih ke wisata, tinggal pemda-nya aja bagaimana pengelolaannya yang benar sehingga kelestarian alamnya terjaga. Melihat Sempu menyedihkan, tiap pengunjung dikenakan biaya namun tidak ada pengawasan dan pengelolaan yang benar. Coba mencontoh pantai Sukamade dan Teluk Hijau, walaupun masuk taman nasional Meru Betiri tapi diberi zona khusus wisata dan pengelolaannya melibatkan masyarakat sekitar, alhasil kelestariannya masih terjaga termasuk kebersihannya.

      Hapus
  13. mas saya mau tanya kira2 bayar berapa ya naik prahu pulau nusa barong.
    saya anak yosowilangun.desa kebonsari.
    pengen kesana.heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo naik Jukung mungkin sekitar 600-800 rb. Kebonsari mana? kidul apa kulon?

      Hapus
  14. Salam kenal, Mas.
    Tertarik ingin kesana, Mas. Untuk jukung 600-800rb itu dari Puger ya? Jukung bisa diisi berapa orang,Mas?
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga. Iya. Waktu itu jukung kecil dg 2 mesin kami isi 9 orang sudah termasuk nahkoda.

      Hapus
  15. Banyak yang tanya CP perahu jukung, ini nomer yang aktif Lek Dur 085294736015 / 081249134401

    BalasHapus
  16. wihh kerenn bang brooo.. jd pengen kesana...

    BalasHapus
  17. mas, itu 600-800rb pulang pergi atau sekali jalan?

    BalasHapus
  18. izin copas gambar dan foto buat promosi pulau

    BalasHapus
  19. Wuiihh keren cak,sayang air tawar gk ad dsna sperti d greenbay
    Spot mancing sama snorkling yg pling hot sblah mana cak sya mau ksna

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada cak, disisi selatan pulau ini tepatnya di area Mercusuar. Spot mancing enak seperti dicerita ini. Klo spot snorkeling gak bisa bilang banyak, soalnya ini kawasan penangkapan ikan yang bebas jadi banyak terumbu karang yang rusak

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Keren banget... Jadi pengin

    BalasHapus
  23. Keren banget... Jadi pengin

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Gan ada niatan ke sana lagi gak? Pengen kesana bulan april

    BalasHapus
  26. Wah terima kasih banyak mas atas share infonya tentang pulau ini, semoga bisa segera berkunjung sekitar awal mei

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bro, pesan saya jaga kebersihan klo berkunjung kesana. trims

      Hapus
  27. aq sing wong puger, malah gk pernah nang nusa barong. ayooo rek sing pe budal, patungan!!! hehehe

    BalasHapus
  28. ayo rek. aq yo pingin iki. tapi larang. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nglangi iso karo gowo debok gedang bro gratis, hehehe

      Hapus
  29. Mas onok fb? Barangkali next time butuh info untuk kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. onok bro, searching ae jenengku Andromedo Cahyo Purnomo

      Hapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  31. Minta tolong alamat Rumah lek Dur atau nomer telponnya bisa Mas?

    BalasHapus
  32. Sangar mas catpernya, aku baru tahu kalo ada pulau nusa barong di selatan jember..jadi pengen nyoba kesana dari surabaya mas...oya salam kenal yo mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo mas salam kenal pisan. Sebelum kesana coba hubungi nelayan pemilik perahu untuk memastikan kondisi cuaca yang aman untuk menyeberang ke Nuso Barong

      Hapus