"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Senin, 26 November 2018

Jalan-jalan ke Kampung Cai - Ranca Upas Ciwidey Bandung


Jalan-jalan kali ini ke Kampung Cai Ranca Upas, dimana kawasan ini lebih di kenal dengan nama Ranca Upas, yaitu salah satu bumi perkemahan yang ada di Ciwidey Kabupaten Bandung. Paling mudahnya berlokasi depan kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey.
Ranca Upas ini memiliki luas sekitar 215 Hektar, yang mana berada di ketinggian 1700 mdpl dengan suhu rata-rata sekitar 17°C – 20°C. Bukan hanya itu, kawasan ini juga sudah termasuk kedalam kawasan hutan lindung. Yang menarik dari bumi perkemahan ini adalah penangkaran rusa endemik Indonesia yaitu jenis Rusa Jawa atau Sambar Sunda dalam bahasa latinnya Rusa Timorensis. 

Kami sekeluarga tertarik kesini karena dari informasi yang kami dapat di lokasi ini kita bisa dan diijinkan berinteraksi langsung dengan rusa dalam penangkaran. Anak kami Sabiya ingin kami perkenalkan dengan rusa yang berada di wisata ini. Benar seperti info yang kami dapat, kami berkesempatan masuk dalam pagar penangkaran untuk memberi makan para rusa dengan membeli sayuran yang telah disediakan pengelola tempat ini. Rusa disini dibilang lumayan banyak mungkin sekitar 30-40 ekor, dan rata-rata sudah jinak dan familier dengan manusia. kami bisa menyentuh langsung bahkan sambil diajak foto,hahaha. Suasana pegunungan membuat nyaman jika berkunjung kesini. Sepertinya asyik klo kita sekalian camping ya?hehehe


1 komentar: