"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Rabu, 03 Januari 2018

Jalan-jalan ke Gunung Papandayan bersama PATRAPALA RU VI

Jalan-jalan kali ini ke Papandayan dalam rangka HUT Pertamina ke-60 bersama PATRAPALA RU VI. Kami ber-6 (Aku, Pak Yulius, Brewok, Bodong, Deka dan Okta) mengubah destinasi yang awalnya ke gunung Sumbing kemudian berubah ke gunung Papandayan karena faktor cuaca di daerah Jawa Tengah yang lagi kurang bagus. Gunung Papandayan berada di kabupaten Garut - Jawa Barat, ya tentunya lumayan dekat butuh sekitar 6 jam perjalanan dari Indramayu. Perjalanan tengah malam kami awali hingga sampai lokasi base camp (camp David) di waktu Subuh. Pada tanggal 19 Desember 2017 setelah ishoma kami mulai pendakian sekitar pukul 09.30. Hanya butuh 2-2.5 jam kami sampai di lokasi camping ground Pondok Salada. Karena kami kesini tidak di waktu weekend, maka camping ground terlihat sangat sepi. Hanya ada 6 tenda termasuk kami yang ada disana. Musim hujan membuat area ini sering berkabut pekat dan di waktu-waktu tertentu hujan lebat. Yang seru dari jalan-jalan kali ini adalah gangguan babi hutan yang menggagu aktifitas para pendaki yang sedang ngecamp di pondok salada. Dari pencurian bekal makanan, mengedus-endus sekitar tenda sampai upaya masuk tenda dengan merobek tepian tenda sisi kanan dan kiri. Serangan dari menjelang malam sampai menjelang pagi hari. Bikin pengalaman seru sekaligus bikin terbahak-bahak jika mengingatnya. Hampir semua tenda disini diusiknya.  Hanya semalam kami disini, dan yang penting misi dalam bentuk ucapan simbolis ultah Pertamina ke-60 dapat terlaksana serta kami dapat pulang dalam keadaan sehat dan selamat.