"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Senin, 15 Oktober 2012

Jalan-jalan ke Pulau Harapan, Pulau Bintang, Pulau Gosong, Pulau Bulat, Pulau Kotok dan Pulau Kelapa Dua (Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu)

Akhirnya kesampaian juga,.. hehehehe, salah satu  dari 12 Taman Nasional di Pulau Jawa yang ingin saya kunjungi, menikmati jalan-jalan dan hemm bicara laut pasti keindahan penghuninya yaitu terumbu karang dan para ikan yang berwarna-warni. Beberapa kali kami rencanakan selalu bermasalah dengan waktu dan niat, kali ini harus... Pilah-pilih mana yang harus kami kunjungi, soalnya kepulauan seribu terdiri dari 342 pulau, buanyaaaak banget!!! Tapi dari banyak pulau itu tidak semua masuk wilayah Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, akhirnya saya pilih Kepulauan Seribu Utara secara logika jaraknya jauh dari ibukota Jakarta kemungkinan masih alami pikirku. Pulau Harapan lah yang terpilih menjadi tujuan awal kami, karena ini pulau berpenduduk dan menjadi wilayah administrasi Kepulauan Seribu Utara dan pastinya trasportasi menjadi mudah. Segera mengumpulkan pasukan dan terkumpullah 8 orang. Dua hari sebelum keberangkatan, saya menghubungi salah satu agen wisata di Pulau Harapan, bla bla bla OK pokoknya jadi gak pake lama, wkwkwk (temen-temen pada nafsu banget pengen kesana soalnya), paket lengkap 2 hari 1 malam yaitu penginapan, homestay, makan, snorkeling (alat, perahu), hoping island dan guide...

Keberangkatan DAY 1 :
Fix yang berangkat Saya, Brewok, Wahyu Gento, Andri Anas, Iqbal Memet, Si Opik, Vivi dan Awank. Sabtu 13 Oktober 2012 dini hari pukul 00.30 dari Indramayu (perjalanan kena macet di PANTURA, hadeuhhh bisa telat, ditambah lagi kondisi badan agak demam, tetap semangat dan optimis!!!), ke Mampang Jakarta dulu jemput teman trus lanjut Muara Angke, alhamdulillah sampai pukul 06.00. Setelah dihubungi awak kapal KM Dolpin, akhirnya kita naik di atas kapal semua dan meninggalkan Muara Angke pukul 07.15. Transit di Pulau Pramuka dan lanjut Pulau Harapan, jam 11 siang kami sampai. Di pulau Harapan kami dijemput guide kami dan segera mengantarkan ke home stay yang memang disediakan untuk kami. Istirahat sebentar 1 jam kurang lebihnya lanjut acara inti yang ditunggu-tunggu!!!

Muara Angke
Transit di Pulau Pramuka

Akhirnya tiba di Pulau Harapan

Dengan menggunakan perahu kurang lebih satu jam kita menuju spot terumbu karang untuk Snorkeling :p. Dalam perjalanan tentunya kita melihat pulau-pulau yang indah dan air yang jernih kadangkala ada gerombolan ikan yang melompat-lompat...
Snorkling di Pulau Macan dan Pulau Bintang

asyiknya rame-rame
Si Awank
Si Andri Anas
Me @spot terumbu karang pulau bintang

Lelah snorkling lanjut hoping island ke Kayuangin Pulau Bintang, Pulau Gosong, dan Pulau Bulat / Gepeng

Pulau Bintang
Kayuangin Pulau Bintang

@Kayuangin Pulau Bintang
Pulau Gosong
Sunset @Pulau Bulat

Setelang mengunjungi beberapa pulau, rasa ingin camping jadi ngebet. Setelah lego ke agen ternyata susah ya memang paketan kami bukan untuk camping. Ngobrol-ngobrol sama agen akhirnya kami diijinkan camping namun masih di pulau harapan dan tidak jauh dari homestay kami. Dari 8 orang, hanya ber-3 yang camping yang lainnya tidur di homestay. Kata agen kami, "Yang lain malah pengen homestay yang ada AC-nya malah pengen camping",.. wkwkw maklum pak kebiasaan camping klo di pantai :p. Padahal AC alam lebih adem loh dari pada AC split 2 PK, wkwkwk... Akhirnya camping juga, walaupun camping groundnya tidak seperti yang kami harapkan, sementara gpp lah kami kan kembali.. Campingnya di ujung pelabuhan Pulau Harapan, hehehe...

Dermaga Pulau Harapan
Camping ground sedikit maksa, hehehe
Sunrise @Pulau Harapan

Patung lumba-lumba yang menjadi maskot pulau harapan

DAY 2 :
Hoping Island ke Pulau Kotok Besar lihat rehabilitasi Elang Bondol (Maskot Jakarta nih!). Salut buat semangat Jakarta Animal Aid Networking untuk mencegah kepunahan Elang Bondol. Kemudian lanjut ke Pulau Kelapa Dua untuk mengunjungi penangkaran Penyu Sisik.

@Pulau Kotok Besar

Elang Bondol
Rehabilitasi Elang Bondol

Penyu Sisik
Penangkaran Penyu Pulau Kelapa Dua
Dermaga Pulau Harapan

Tidur di kapal

Muara Angke

dan akhirnya pulang :( berasa masih kurang tapi ini jalan-jalan awal kesini. 342-8 = 334 pulau yang belum dikunjungi, hehehe... "Aku pasti kan kembali" #singasong