"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Senin, 07 April 2014

Jalan-jalan ke Pulau Nusa Barong (short trip)

Belum puas rasanya habis dari pantai Bama Baluran karena kami kurang beruntung untuk mendapatkan ikan. Di perjalanan pulang, saya mencetuskan untuk pergi ke pulau Nusa Barong. Sesampainya di rumah jam 7 malam, saya segera menghubungi saudara (Lek Dur) untuk mengantarkan kami ke pulau Nusa Barong. Perbekalan cukup sisa dari Baluran. Dengan sedikit istirahat dan bersih-bersih diri kami akhirnya siap berangkat pukul 10 malam. Kumpul di rumah Lek Dur di Puger  jam 11 malam, dan kami benar-benar siap menuju perahu (jukung) jam 12 malam kurang. Baru kali ini kami melakukan perjalanan malam dengan perahu. Namun masih rame di laut, karena lagi musim ikan lemuru.

Tujuan kami adalah pantai Gedek yang berada di sisi utara ujung barat pulau ini. Spot karang yang sip, namun sayangnya ombak sedikit kurang bagus dan lagi surut. Dengan modal senter kami untuk gunakan penerangan menuju spot karang dimaksud. Sangat gelap, akhirnya kami sampai. Namun saya mencoba menjangkau karang yang menjadi akses masuk sangat susah karena terlalu tinggi disaat surut seperti ini. Dengan gelombang yang tidak teralalu bagus membuat perahu tidak stabil, akhirnya saya gagal naik ke karang dan saya terjatuh ke air. Sedikit luka di tangan karena goresan karang, ditambah lagi dinginnya air di tengah malam membasahi tubuh, brrr. Saya segera beranjak naik ke perahu, dan kami memutuskan pergi ke lokasi lain yang sekiranya perahu bisa sandar ke pasir pantai.
Di lokasi baru ini kami bisa bersantai dan istirahat dengan ditemani api unggun dan butiran bintang di langit. Sungguh suasana yang sangat dirindukan. Kami tidak menyesal karena tidak dapat mancing di lokasi spot karang tadi. Lek Dur dan saudara saya Doni pergi keliling pulau ini untuk mencari tangkapan ikan, sedangkan kami masih istirahat karena masih terasa capek pulang dari Baluran dan saya pribadi masih kediginan. Menjelang pagi kami disuguhkan tangkapan ikan yang besar dan sangat cukup buat sarapan ikan bakar. mantap! Pukul 8 pagi, kami siap untuk memancing sembari melakukan perjalanan pulang, dan hasilnya lumayan dapat ikan kakap merah dan pogot. Sehari saja kami disini, jam 12 siang kami sudah kembali ke daratan Puger.

Ikan Guntur bakar
Semeru dari pulau Nusa Barong

Kakap merah, lumayan!

oleh-oleh buat nenek ikan "Tambak Pitik"