"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Senin, 07 April 2014

Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran (short trip)


Sunrise Pantai Bama
Awalnya tidak ada rencana sama sekali untuk Jalan-jalan ke Taman Nasional Baluran. Di rumah saya, Bluzzukan Community lagi bersiap-siap untuk pergi ke cagar alam Pulau Nusa Barong. Namun ibu meminta saya untuk jalan-jalan ke Baluran sekaligus mengajak adik saya yang kecil sebagai refreshing sebelum menghadapi UN SMP di akhir bulan April ini. Oke! akhirnya kami memutar haluan, dan sebelumnya barang-barang yang di packing di Jimny dioper ke Avanza. Pada tanggal 30 Maret 2014, Jam 5 sore tepatnya kami berangkat dengan jumlah 7 orang termasuk ibu dan adik saya yang perempuan.
Kali ini kami berencana menginap di pantai Bama dengan menyewa cottage yang ada, dan sesampainya disana sekitar jam 1 dini hari, petugas pos security tidak mengijinkan masuk dengan alasan jam berkunjung buka pagi sampai sore. What!! berkali-kali saya menyampaikan ini itu, atau pengalaman sebelumnya bahwa saya pernah berkunjung kesini dan saat ini berencana ingin sewa penginapan yang disediakan di dalam yaitu cottage daerah pantai Bama. Dan petugas tersebut menjawab bahwa penginapan tidak lagi disewakan, petugas lainnya menginfokan pemakaian penginapan menunggu bulan Mei mendatang. Agak aneh dengernya, tahun kemaren juga ada pengalaman mau sewa cottege/penginapan di pantai Bama bilangnya penuh namun saat sampai di tempat ternyata masih ada yang kosong. Ada yang gak beres pengelolaannya, atau ada pihak tertentu yang saling berebut keuntungan! Dengan sedikit ngotot akhirnya kami diijinkan masuk namun cuma sampai di gedung pusat informasi di halaman depan. Akhirnya kami masuk dan disini kami bertemu beberapa rombongan yang sama-sama menunda untuk masuk kawasan taman nasional. Disini kami bertemu petugas lain dan petugas tersebut menginfokan ke kami klo boleh masuk sekitar jam 4 pagi, wah beda lagi sama petugas di depan katanya dibuka jam 6 pagi!.  tambah bingung!!! 
Beberapa rombongan lain ada yang membuka tenda disamping gedung ini, ada juga yang tidur di mobil. Klo kami sebagian begadang sampai pagi, dan sebagian tidur di mobil. Jam 3 pagi beberapa rombongan sudah bangun dan memulai regristasi untuk tiket masuk. Dan ijinpun sudah diterima. Loh jam 3 pagi kok sudah diijinkan! tambah bingung???... katanya jam 4. Akhirnya kami ikut-ikutan regristrasi, berharap sampai pantai Bama mendapatkan sunrise. Kami memulai perjalanan jam setengah 4 dengan mobil, langit masih gelap namun bintang-bintang gemerlap jika dipandang. Awal masuk masih jalan aspal yang rusak dengan kanan kiri hutan kas daerah pantai dan banyak semak-semak. Baru melaju sekitar 20 menitan kami terkejut. Tersentak teman-teman yang awalnya sayu-sayu karena mengantuk, akhirnya matanya melotot semua. Apa yang kami lihat?? seekor macan tutul dengan ukuran besar sedang berjalan santai di depan mobil kami dengan jarak 30 meteran setelah tikungan, dan kami mendekat sekitar jarak 20 meteran dan si macan kemudian masuk hutan. Bagi saya dan bluzzukan community ketemu macan sudah biasa, namun kali ini macan tutul dengan ukuran yang dibilang sangat besar baru pertama kalinya. 45 menitan kami sampai di padang savana bekol jalan asapal sudah tidak ada diganti jalan tanah berbatu, disini banyak terlihat rusa. 15 menit kemudian kami sampai di pantai Bama. Masih gelap ternyata namun sunrise sudah agak kelihatan. Dan apa?? disini penginapan masih disewakan terlihat banyaknya kendaraan pengunjung dan memang iya mereka menginap disini! banyak pertanyaan di kepala saya? ada apa ini?... sudahlah kami datang kesini untuk jalan-jalan gak mau ambil pusing. Kami segera berjalan menyusuri pantai di sisi timur, mencari tempat yang sepi dan enak buat istirahat sekaligus mencari spot mancing. Pagi-pagi sarapan mie yang kami buat sendiri, sambil menikmati sejuknya udara pantai.

Disini airnya jernih namun terumbu karang tidak tumbuh bagus mungkin karena airnya terlalu asam atau karena faktor lain. Ikannya masih kecil-kecil, atau karena ratusan meter dangkalnya dari pantai dengan kedalaman rata-rata 50 cm. Dengan banyaknya bangau laut, ikanpun tidak sempat tumbuh dewasa, mungkin? Kami disini sampai siang, lanjut balik ke savana bekol untuk ambil foto-foto. Walaupun perjalanan singkat, namun cukup buat menyegarkan pikiran kami.


 
 




4 komentar:

  1. Nice bro..
    True Experience..

    BalasHapus
  2. Oh ya bro..saran..
    karena mata aneh minus n silinder..jdi agak sakit membaca dengan warna background hitam n tulisan putih bro..
    Itu cuma pendapat ane ajja bro..hehehe

    BalasHapus
  3. indah banget pantainya sayang ane gapunya nyali buat kesana :D pantainya deket-deket sini aja. Malesnya kepantai muka jadi kusem jadi buang-buang duit deh buat perawatan

    BalasHapus
  4. Baluran memang bagus. Baca juga pengalamanku ya https://bethstravelogue.wordpress.com/2017/11/16/388/

    BalasHapus