"Menggapai harapan setinggi gunung dengan berfikir seluas samudera"

Rabu, 29 Oktober 2014

Jalan-jalan ke Gunung Gede - Pangrango

View Gunung Pangrango
Jalan-jalan kali ini naik gunung dulu lah, setelah sekian lama hanya ngepantai, hehehe. Acara naik gunung ini bisa dibilang undangan. Kami dari Patrapala RU-VI Balongan mendapatkan undangan dari Patrapala kantor pusat untuk mengikuti kegiatan pendakian Gunung Gede Pangrango dalam rangka Tribute to Bu Karen yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Oktober 2014. Bu Karen Agustiawan ini adalah Dirut kami yang memutuskan untuk mengundurkan diri, bagi kami beliau seorang big boss yang sangat peduli pada pekerja dan perusahaan. Di tangannya, perusahaan kami berkembang pesat dari tahun ke tahun. Wujud terimakasih dari kami Patrapala, kami persembahkan dengan acara pendakian ke Gunung Gede Pangrango ini. Di gunung ini nantinya kami akan bertemu dengan Patrapala Kantor Pusat, RU III Dumai, RU V Balikpapan, dan PEP Jakarta.

Kami berangkat dari Indramayu (RU VI Balongan) sejumlah 9 orang (saya, Dian, Fika, Dwi, Gento, Maulana, Rudi, Hasan dan Brewok). Dengan mengunakan bis perusahaan kami diantar ke Bogor. Rencana pendakian ini adalah start Cibodas (1308 mdpl) - camp Alun-alun Surya Kencana - finis Gunung Putri. Jam 10 malam kami sampai di base camp (meeting point) yang telah ditentukan oleh panitia yaitu Patrapala Kantor Pusat. Sebelum memulai pendakian kami bermalam disini. Cukup nyaman tidur kami ada kasur busa dan selimut. Setelah sarapan di base camp ini, kami berkumpul dan dapat memulai pendakian sekitar jam 7 pagi. Patrapala RU VI Balongan merupakan rombongan terakhir di awal pendakian ini. Jalur pendakian cukup ramai tentunya karena pas hari Sabtu. Di Pos Panyangcangan kami istirahat lumayan lama. Beberapa dari kami menyempatkan ke air terjun Cibeureum yang berjarak hanya 300 meter dari pos ini. Setelah sempat foto-foto, kami segera kembali ke pos untuk melanjutkan pendakian. Jam 12 siang kami istirahat ishoma di Pos Pemandangan sekitar sungai air panas. Makan siang dengan nasi bungkus yang kami siapkan sebelum memulai pendakian. Di Pos Kandang Batu kami juga sempat berhenti sejenak untuk memastikan rombongan paling belakang sudah jalan. Patrapala RU VI Balongan menjadi rombongan di tengah. Saat sampai di pos Kandang Badak, kami berhenti agak lama. memastikan semua rombongan masih lengkap dan yang terpenting adalah menentukan posisi camp karena jam 4 sore kami masih sampai disini. Sudah dapat dipastikan akan sampai di Surya Kencana pada malam hari. Akhirnya kami putuskan tetap lanjut ke Surya Kencana sesuai rencana awal walaupun sampai malam hari. Berjalan santai karena saling menunggu kawan akhirnya malam datang juga sebelum kami sampai puncak Gede. Tanjakan mulai terjal, dan suara angin mulai terdengar. Saat vegetasi mulai menurun, kabut turun menambah kegelapan dan suara angin menderu dengan kencang beserta hawa dinginnya. Saat di puncak hempasan angin sudah tidak bisa terelakkan. Saya sendiri mulai mempercepat langkah agar segera sampai di alun-alun surya kencana. Namun karena menunggu kawan-kawan di belakang, sesekali sinar headlamp ini menyinari belakang jejakku untuk memastikan kawan-kawan aman. Setelah sampai puncak, jalur mulai turun dengan sudut agak tajam. Beberapa kawan dari Jakarta kami temani, mungkin karena kaki terlalu capek yang bikin melambat. Beberapa kawan lain terutama rombongan Balikpapan sudah jauh di depan. Jam setengah 8 malam kami sampai alun-alun Surya Kencana. Disini kami berhenti di warung berkumpul dengan rombongan lain untuk membeli teh, kopi, nasi uduk dan mie rebus. Di gunung ternyata ada yang jualan, hahaha. Setelah selesai makan, kami lanjut ke camping ground yang kami pilih untuk mendirikan tenda. Sepanjang malam, angin berderu tiada hentinya. Kami menghabiskan malam hanya untuk istirahat. Pagi-pagi baru terasa ini balasan rasa capek kami. Padang savana dengan edelweis yang membentang luas, suasana kesunyian dan inilah mendaki kawan! rasa tenang dan nyaman yang selalu saya rindukan. Setelah acara kumpul-kumpul, dan puncak acara ini selesai, jam 9 pagi kami bernajak pulang. Perjalanan kali ini melalui jalur gunung Putri. Bisa dibilang jauh lebih landai dari jalur Cibodas. Jam 4 sore kami sampai di base camp Gunung Putri. Stelah bersih-bersih dan makan akhirnya selesai sudah acara pendakian ini. Terimakasih buat kawan-kawan Patrapala. Tetap jalin silaturahmi dan tingkatkan rasa persaudaraan. Patrapala! Never Give Up!